Kamis, 14 Februari 2013

KOLESTEROL

K.O.L.E.S.T.E.R.O.L

1. PENGERTIAN KOLESTEROL
Untuk memahami kolesterol baik dan buruk, kita perlu memahami fungsi lipoprotein dan bagaimana mereka bekerja. LDL, yang dikenal sebagai low-density lipoprotein adalah "buruk" dan HDL, yang dikenal sebagai high-density lipoprotein adalah "baik". Tubuh Anda mengandung kedua lipid serta trigliserida dan Lp (a) yang membentuk jumlah kolesterol total. Ini zat lilin yang diproduksi di hati dan sangat penting dalam berfungsinya tubuh Anda.

LDL beredar dalam aliran darah dan perlahan-lahan menumpuk di arteri dan memasok oksigen ke otak dan jantung, Hal ini penting dalam arteri. Ketika dikombinasikan dengan bahan lain, plak terbentuk. Plak adalah deposito, keras tebal yang menyebabkan arteri menjadi kurang fleksibel dan menyempit. Aterosklerosis adalah kondisi yang dihasilkan dari plak ini. Ketika suatu bekuan terbentuk, arteri yang menyempit dan dapat menyebabkan stroke atau serangan jantung.

HDL membawa sekitar dua puluh lima persen dari total kolesterol darah. Tingkat HDL yang tinggi dapat mencegah serangan jantung, sedangkan tingkat rendah dapat meningkatkan risiko penyakit arteri koroner.

Trigliserida adalah jenis lemak yang dibuat oleh tubuh. Obesitas, diet tinggi karbohidrat, alkohol yang berlebihan, merokok tembakau dan gaya hidup dapat meningkatkan kadar trigliserida. Kadar trigliserida biasanya tinggi pada orang dengan LDL tinggi dan tingkat HDL, serta mereka dengan diabetes dan penyakit jantung.

Lp (a) adalah variasi genetik dari low-density lipoprotein. Sebuah Lp tingkat (a) tinggi adalah tanda peringatan yang cukup untuk perkembangan prematur deposito lemak di arteri.

Jenis makanan tertentu dapat meningkatkan kadar HDL dan menurunkan kadar LDL. Buah-buahan segar dan sayuran mentah, kacang-kacangan dan lentil, bubur, tuna segar, salmon, makarel, ikan haring, kacang pistasi, kacang tanah, kacang mete, almond, alpukat, minyak lobak dan minyak zaitun adalah semua makanan yang baik untuk HDL. Makanan yang meningkatkan LDL Anda termasuk kelapa sawit, minyak kelapa, makanan berlemak, gajih, krim, kue, biskuit, produk daging, daging berlemak, keju keras dan mentega.

Diet yang seimbang dan sehat dapat menurunkan tingkat kolesterol total Anda secara signifikan. Lemak tak jenuh adalah tidak cocok untuk diet sehat. Lemak tak jenuh ganda mengurangi tingkat total. Omega-3 asam lemak yang terbaik, sehingga ikan berminyak harus dimakan setidaknya sekali setiap minggu. Memahami makanan yang baik dan buruk kolesterol, akan membantu Anda meningkatkan kolesterol baik dan menyehatkan tubuh anda.

2. TANDA KOLESTEROL TINGGI
 Memahami gejala atau tanda kolesterol tinggi sangat baik untuk anda, dengan demikian anda bisa mengatasi dengan langsung demi mencegah terjadinya hal hal yang tidak di inginkan seperti serangan jantung dan stroke. Kadar kolesterol yang berlebihan menimbulkan endapan lemak di dinding pembuluh darah sehingga membeku dan plaknya menyumbat arteri hingga akhirnya memutuskan aliran darah menuju jantung. Inilah yang menyebabkannya memicu penyakit jantung dan store.

Tanda kolesterol tinggi

• Biasanya mengalami pegal pegal ditengkuk kepala bagian belakang
• Pegal ini pun menjalar sampai ke pundak
• Mudah lelah atau capek
• Kaki menjadi bengkak
• Mudah sekali mengantuk.

Anda dapat memeriksakan ke dokter untuk mengecek apakah kadar kolesterol darah anda normal, pencegahan sejak dini sangat berguna bagi anda yang peduli dengan kesehatan serta menghindari terjadinya penyakit jantung dan stroke.

3. GEJALA KOLESTEROL
 Pernahkah Anda mendengar bahwa tidak ada gejala untuk penyakit kolesterol? Nah, itu mitos. Meskipun gejala kolesterol sulit untuk di deteksi namun tidak ada salahnya jika kita tetap mewaspadainya.

Waspadai jika anda mengalami pusing dan angina (nyeri dada), itu bisa menjadi tanda bahwa kadar kolesterol Anda sudah mulai menyerang arteri di jantung dan penumpukan plak telah dimulai.

Sebuah bagian yang sering diabaikan dari gejala kolesterol adalah stres. Stres dapat berasal dari berbagai sumber, tetapi juga dapat menjadi peringatan intuisi bahwa ada sesuatu yang salah dalam tubuh.Penelitian telah menunjukkan bahwa ada hubungan antara stres dan kadar kolesterol meningkat.

Merasa lelah atau kehabisan energi tanpa alasan yang jelas. Kurangnya olahraga teratur (atau tidak berolahraga sama sekali) dapat menjadi alasan bahwa tubuh Anda sedang mengembangkan kadar kolesterol.

Sebuah tanda peringatan bahwa kelebihan berat badan di sekitar perut juga merupakan gejala kolesterol.

Tidak nafsu makan dapat menjadi tanda atau gejala penyakit kolesterol.

4. CARA MENGURANGI KOLESTEROL
 Jika tingkat kolesterol jahat Anda lebih tinggi dari 100 mg / dL, maka Anda harus waspada dan mengetahui bagaimana cara untuk mengurangi kolesterol secara alami. Kadar kolesterol jahat yang hanya sedikit di atas nilai normal masih dapat dikurangi tanpa mengambil obat untuk mengurangi kolesterol.

Sementara dokter akan merekomendasikan Anda pada obat-obatan dan perubahan gaya hidup sederhana.Kenapa, karena peningkatan kadar kolesterol jahat sering disebabkan hanya karena pola makan yang buruk dan kurangnya olahraga, sehingga kolesterol dapat dikurangi dengan mengubah gaya hidup Anda.

Langkah pertama adalah makan lebih banyak buah dan sayuran. Tidak hanya sehat, tetapi juga membantu dalam menurunkan kolesterol "jahat" atau LDL. LDL dapat ditemukan pada daging, susu, dan telur, serta makanan cepat saji dan permen. Buah-buahan dan sayuran kaya akan phytonutrisi antioksidan yang membantu membuang kolesterol yang tidak diinginkan dan akhirnya mencegah masalah jantung.

Cara kedua tentang cara mengurangi kolesterol secara alami adalah dengan mengkonsumsi lebih banyak serat, yang juga merupakan komponen dalam buah-buahan dan sayuran. Makanan lain yang kaya serat biji-bijian dan kacang-kacangan. Biji-bijian, yang memiliki serat larut, dapat "menangkap" kolesterol dan membawanya keluar dari tubuh.

Sekarang bahwa buah-buahan, sayuran, dan serat adalah bagian dari diet seseorang, sekarang saatnya untuk mengganti makanan dan minuman yang memiliki kandungan kolesterol tinggi. Lemak trans dan lemak jenuh merupakan penyebab utama dalam menyebabkan kadar kolesterol tinggi. Sayangnya ini dapat ditemukan dalam makanan yang lezat. Kafein, kue, makanan cepat saji, keripik, dan bahkan daging.

Ikan merupakan pengganti yang baik untuk daging. Ikan memiliki jumlah tinggi omega 3, yang merupakan salah satu cara tentang bagaimana mengurangi kolesterol secara alami. Alih-alih menggoreng makanan menggunakan minyak goreng, seseorang dapat menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti.

Seiring dengan membuat perubahan gaya hidup, juga harus olah raga selama 30 menit setiap hari. Ini mungkin salah satu cara terbaik bagaimana mengurangi kolesterol secara alami, dan itu lebih baik daripada mengandalkan obat-obatan penurun kolesterol. Sementara berolahraga dapat meningkatkan HDL dan menurunkan LDL pada waktu yang sama.

Salah satunya dengan mengambil suplemen penurun kolesterol seperti produk alami dari HDI, Antara lain :

PRODUK

Bee propolis tablet
Trimee II
Pollenergy
Royal jelly liquid

ANJURAN PEMAKAIAN

3 Hari pertama :

3x1 tablet
3x2 tablet
1x1 tablet
1x1 sdt

Lanjutan :

3x2 tablet
3x2 tablet
3x1 tablet
3x1 sdt

KETERANGAN

- Membongkar plak plak kolesterol
- Melarutkan lemak kolesterol

Mengurangi kolesterol secara alami dapat dilakukan dengan cepat, asalkan seseorang mampu merubah pola makanan dan olah raga secara teratur dengan mengkonsumsi suplemen yang baik untuk mengurangi kolesterol.

5. DAFTAR KANDUNGAN KOLESTEROL DALAM MAKANAN



Kandungan kolesterol per 10 gram makanan
NO
JENIS MAKANAN
KANDUNGAN
KATEGORI


(mg/10 gr)

1
Putih telur ayam
0
sehat
2
Teripang
0
sehat
3
Susu sapi non fat
0
sehat
4
Daging ayam / daging bebek pilihan tanpa kulit
50
sehat
5
Ikan air tawar
55
sehat
6
Daging sapi / daging babi pilihan tanpa lemak
60
sehat
7
Daging kelinci
65
sehat
8
Daging kambing tanpa lemak
70
sehat
9
Ikan ekor kuning
85
sehat


10
Daging asap (ham / smoke beef)
98
sekali-sekali
11
Iga sapi
100
sekali-sekali
12
Iga babi
105
sekali-sekali
13
Daging sapi
105
sekali-sekali
14
Burung dara
120
sekali-sekali
15
Ikan bawal
120
sekali-sekali


16
Daging sapi berlemak
125
hati-hati
17
Gajih sapi
130
hati-hati
18
Gajih kambing
130
hati-hati
19
Daging babi berlemak
130
hati-hati
20
Keju
140
hati-hati
21
Sosis daging
150
hati-hati
22
Kepiting
150
hati-hati
23
Udang
160
hati-hati
24
Kerang
160
hati-hati
25
Siput
160
hati-hati
26
Belut
185
hati-hati


27
Santan
185
berbahaya
28
Gajih babi
200
berbahaya
29
Susu sapi
250
berbahaya
30
Susu sapi cream
280
berbahaya
31
Coklat
290
berbahaya
32
Margarin / Mentega
300
berbahaya
33
Jeroan sapi
380
berbahaya
34
Jeroan babi
420
berbahaya
35
Kerang putih / tiram
450
berbahaya
36
Jeroan kambing
610
berbahaya


37
Cumi-cumi
1170
pantang
38
Kuning telur ayam
2000
pantang
39
Otak sapi
2300
pantang
40
Otak babi
3100
pantang
41
Telur burung puyuh
3640
pantanG

Tidak ada komentar: